Waktu mandi yang ideal



age of youth
Berapa waktu ideal untuk mandi?

Beberapa orang bisa ngabisin waktu sampai satu jam untuk mandi tapi ada juga yang mandi gak sampai 5 menit. Jadi, berapa waktu yang ideal untuk mandi?

go hoo starry night 1

Didalam mandi sendiri terdapat beberapa proses dengan alat bantu masing-masing. Disini, kita bakal cerita yang paling konvensional. Alias, pakai gayung. Seenggaknya, gak nimba. Yuk, kita hitung lamanya dari gerakan paling awal.


age of youth bathroom

  • Pertama, Toilet time.

Menurut aku, BAB yang paling bersih itu BAB sebelum mandi. Jadi, ini proses sacral yang biasa selalu aku usahakan sebelum mandi. Kira-kira…. 5 menit? I don’t know, is that normal? I never actually bring my clock to the bathroom and never try to count. Memasukan semua kemungkinan, mari kita putuskan secara internasional, 5 menit? 

 

go hoo starry night ep 4
  • Kedua, Gosok gigi.
Sebelum mandi, gosok gigi. Setengah menit? Tapi kalau dari semua proses, anggaplah 1 menit. Kamu tetap perlu nyiapin sikat sama pasta gigi kan? Oke, kita anggap 1 menit.



go hoo starry night ep 4
Berapa lama kamu mandi?
  • Shower time. Mandi.

Pertama, siram seluruh badan. Karena ini fullservis berarti termasuk keramas. Dari ujung kaki hingga ujung kepala. Pakai shampoo, garuk-garuk keramas. Terus, ambil shower puff sama sabun.  Puff-puff sampai banyak busa. Sabun-sabunan. Terakhir, baru siram lagi dari ujung kepala hingga kaki. Selesai.

Pendapat pribadi, ini tergantung dengan panjang pendeknya rambut.

go hoo starry night ep 10
Semakin panjang rambut, semakin lama mandi.
Sumpah, disaat rambut panjang dan mesti keramas, aku bisa mandi sampai setengah jam.  Tapi dengan rambut pendek, mungkin Cuma 10 menit.

Belum lagi tes vocal yang sering kejadian sambil sabun-sabunan. Iya kan?
Karena katanya gak baik mandi sambil nyanyi. Aku sudah membuang kebiasaan ini. Dulu sih masih suka bawa handphone ke kamar mandi. Sambil luluran, sambil dengar lagu favorit. Ini bikin mandi bisa sampai satu jam. Bukan tipe mandi yang bisa dilakukan sering disaat kamar mandi dipakai untuk satu erte.
go hoo starry night ep 10
Sebenarnya banyak faktor yang mempengaruhi berapa lama kita mandi.

Proses ini juga dipengaruhi cuaca. Cuaca panas bikin lebih betah dan dingin, bikin lebih cepat. So, kita putuskan ini juga 5 menit.
 

  • Yang terakhir, Handukan.

Ini proses terakhir dari mandi. Mengeringkan badan dan tadaa… kita berubah jadi individu baru. Dengan mood lebih baik dan pikiran yang lebih cerah.


yuri go hoo
Kita setuju 10 menit?
So, 5 + 1 + 5 = 11 menit?
Secara kesimpulan, 11 menit adalah 10 menit. Waktu ideal untuk mandi adalah 10 menit. Ini sudah melewati kesimpulanku yang matang dan perhitungan tepat tapi kenyataannya, setiap hari aku menyaksikan orang-orang yang mandi dibawah 10 menit. Berdasarkan survey keluarga dan survey kosan, rata-rata mereka mandi adalah 5 menit dan 10 menit itu kalau plus lulur-lulur.

Tapi bukan lama gak nya mandi. Yang penting mandi itu efisien. Tercapai semua maksud dan tujuan. Kalau bisa cepat berarti kamu hebat. Kalau sampai satu jam, berarti kamu, seperti aku, perlu bergerak lebih cepat demi kesejahteraan bersama. Percaya atau gak, ini pemicu perang dunia skala kecil. 💋 

kim young kwang
Why?
But, why do I need at least 20 minutes for shower?



Comments