Akibat cuaca panas





Panas beberapa hari ini sungguh luar biasa. Awalnya biasa saja, mungkin memang cuaca sedang panas dan yang ada cuma pikiran bahagia karena jemuran bakalan selalu kering. Katanya, ini dalam rangka fenomena Equinox. Coba deh baca disini. Tapi sekarang seharusnya sudah selesai.  

Turns out, setiap hari panasnya terasa mulai semakin panas. 

Singkatnya, sebut saja cuaca cerah kebangetan. Banyak hal terjadi selama panas yang terasa luar biasa didaerah tropis, misal:
  • Kerja rodi kipas angin.
Gak. Kita gak punya AC dan didalam hati iri bukan main sama yang punya. Kita juga gak punya Grim Reaper oppa yang bakal muncul bawa minuman kaleng dingin. Yang ada cuma kipas kecil imut yang termakan usia dan ringkih.

Sure want me to come?

Kipas imut teman tidur ini biasa nongkrong di kipasan nomor kecil, beralih kekipasan kencang. Dia kerja banting tulang dari pagi sampai pagi dan gak dibayar. Suara mesinnya sudah seperti suara mesin pesawat yang mau jatuh. Belum lagi angin kipasannya yang gonta ganti. Kadang dingin, kadang panas. Bikin yang kena kipas cuma blingsatan masih hangat.
Biasanya dari pakai selimut tebal berganti selimut tipis. Terus, jadi gak berselimut sama sekali. Sebelum akhirnya, merosot kelantai berpelukan sama bantal guling mencari keselamatan. Eh, mencari keademan. 
  
  • Kostum yang sok summer party.
Baju. Tiba-tiba sok musim panasnya orang bule.
Karena gak kemana-mana, puaslah dengan kaos singlet dan celana pendek. Antara panas dan meriang jadi satu. Panas karena matahari dan meriang karena kipasan terus. Masuk angin tapi pengen kena angin. Dilemma.

Jadi kalau pakai kaos pun, dipilih yang paling longgar dan kerahnya sudah sabrina. Sabrina karena proses pemakaian dan pencucian bertahun-tahun. 
  
Terus biarpun malas cuci, aku rajin ganti baju. Mandi, ganti. Keringatan, ganti. Biarpun gak kemana-mana. Gak perduli sudah pakai deodorant, tetap saja asem setelah beberapa jam.

  •  Malas kemana-mana.
Aku biasanya memang gak terlalu hoby keluar rumah kalau gak penting. Tapi sekarang, penting pun kalau bisa gak pergi, tetaplah gak pergi. Setiap lihat keluar jendela, yang ada cuma hamparan cahaya garang matahari yang super menantang. Mungkin lebih serem ajakan keluar waktu panas terik dari pada ajakan perang.

  • Pengen minum-minum dingin.
Ini bukan masalah besar kalau punya kulkas. Masalahnya gak punya dan keluar beli malas. Yang ada Cuma mikirin minuman dingin disetiap minum. Soalnya, air di dalam gentong mengalami kenaikan suhu seiring panasnya lingkungan. Sungguh, sadis.

Kemaren sempat dirumah kepengen es teh. Di kulkas rumah ada stok batu es, yang gak ada stok teh. Dan gak ada yang mau keluar beli.
Terus, lihat ke halaman ada anak-anak kecil yang lewat bawa batang tebu. Lirik halaman sendiri, ada rumpun tebu yang siap tebang. Jelas gak punya penggiling tebu biar dapat sari tebu. Dan buat gigit tebu dicuaca panas? Oh. Nanti dulu.
Jadi, dengan sehatnya selama panas ini, aku gak minum air es kok. Cuma beberapa kali jus tapi dibanding keinginan, ini jumlah yang sangat jauh. Terhindarlah dari batuk pilek.

  • Sesekalinya keluar rumah, make up gak bisa cetar.
Ha.ha. Bukannya biasa keluar dengan make up cetar tapi seenggaknya, kelihatan pakai bedak. Tapi, belum lagi beta keluar rumah, bedak sudah kedeluan lumer. Keringat bikin bedak gak mau nempel sempurna. Tertempelpun beberapa partikelnya, langsung ke-lap tisyu waktu ngelap muka.


Alih-alih terlihat berseri-seri habis dandan, yang ada kelihatan kayak habis makan bakso pedas semangkok ditengah lapangan bola. Lebih kearah, blush on yang dipulas diseluruh bagian muka.
Belum lagi berangkat dengan motor. Bye-bye lah sudah semua jejak bedak. Tinggal lipstick yang akan lepas begitu ketemu makanan.

  •   Berat badan naik.
Sebenarnya ini masih butuh penelitian lebih lanjut. Soalnya, cuaca panas atau hujan, berat badan naik ya naik aja. Tapi karena sekarang kondisinya sedang panas, panaslah yang menjadi kambing hitam.

Selain makan yang memang banyak. Panas bikin malas olahraga. Disaat badan berkeringat karena panas, otak menangkapnya keringat karena olahraga dan mengirim pesan kepada para otot untuk beristirahat. Terjadilah yang namanya, proses hibernasi.
Begitu kipas sudah stand by, perut yang kenyang, zuhur telah lewat, rasa kantuk pun datang. Banyak makan, banyak tidur dan malas bergerak, kombinasi super buat naikin berat badan. Not like I want to gain weight but it just happens.



  •  Emosi tinggi.
Ngerti kan? Tahu kan? Masa sih gak ngerti. Panas-panas gini jangan bikin aku cerita dua kali.
 

Yang pasti jangan lupa buat selalu cukup cairan tubuh. 

Gak mesti minum pocari sweat sih, air putih biasa juga cukup. Kalau bisa, batasi terpapar kena matahari langsung biar kita gak kering kayak jemuran. Jangan kebanyakan minum air es, biar gak terkena batuk pilek.

Kalau keluar rumah, lindungi diri. Pakai masker biar gak kena debu. Pakai kacamata biar gak silau. Pakai sarung tangan biar gak hitam. Pakai kaos kaki biar gak belang. Atau, keluarlah dengan mobil yang ber-AC full. 💋


Comments

Popular posts from this blog