Balada kado teman nikah



goblin wedding
Ramainya teman yang nikah suka bikin kita meras otak. Pertama mikirin diri sendiri kapan nikah. Kedua mikirin biaya buat datang kondangan. Oke, maksud aku biaya buat datang kondangan. Gak mungkin banget kita datang dengan tangan kosong biarpun yang nikah gak maksa bawa amplop tebal atau kado mahal tapi kesadaran dirilah yang turun tangan.
Even deep down they do want thick envelope or expensive present. Don’t you? JK. 😂

Salah satu fenomena dari undangan nikah itu selalu datang seperti musim buah. 
Sekalinya datang pada rame. Mungkin berdasarkan letak bulan dan posisi matahari, itu tanggal bagus buat pesta tapi buat kita yang mesti siap pendanaan 3 sampai 4 pesta dalam sebulan itu bukan biaya kecil. Oh, kadang sampai harus hadir 3 pesta dalam satu weekend. Berat. Lebih berat kalau hajatan itu teman dekat. We can’t just throw anything. 

Biarpun yang nikahan banyak,
 tapi buat yang nikahan itu diniatkan sebagai acara sekali seumur hidup.


So, tim kasih amplop atau tim kado? 

For me, I usually just give out envelope. Gak suka ribet dan kadang rasanya lebih mengena aja kalau ngasih amplop. Untuk isi amplop itu disesuaikan dengan keadaan pasang surut keuangan. Dipaksa bagaimanapun kalau lagi gak ada, ya gimana.

But, something for sure, teman-teman yang nikahan rada cepat atau dimasa kita pada sibuk berjuang cari kerja, pasti dapat amplop yang gak terlalu tebal atau kado yang mungkin gak terlalu mahal. Well, 2 or 3 years after graduation, most of us still trying to find perfect job and afford our own life. Tahun-tahun berat kehidupan dan masih berjuang biar mampu isiin pulsa sendiri. Tapi, buat mereka yang nikahan di 5 tahunan pasca kuliah rasa-rasanya bisa nerima amplop yang lebih tebal dan kado yang lebih berarti. We mostly have a more settle life than before.

This makes me remember some my close friends, who were already married when I was still in college. I couldn’t give much that time. 

For me, my present mostly to present how much I love them as someone close. Tapi kadang jumlah uang atau kado yang kita kasih gak benar-benar bisa nyampein maksud hati yang terdalam. Niatnya udah niat banget tapi apalah daya pendanaan.

Jadi, ini bisa jadi motivasti buat kamu yang belum nentuin tanggal hari H. Gak papa gak barengan musim kawin. Gak papa masih ngisi buku tamu. Anggap semuanya sebagai tabungan masa depan. 😊

Jumlah isian amplop itu relatif. Kalau lagi mampu, isi rada banyak. Kalau lagi cekak, isi sebanyak yang mampu. Yang mampu tapi pelit ngamplop? Nah itu yang perlu dicubitin.


Terus, kado. Apa kado yang biasa kamu kasih buat teman nikah? 


Yang punya banyak dana mungkin rasanya gak perlu pusing. Nah yang rada pas-pasan tapi punya banyak teman yang perlu putar otak. Gak bisa kasih yang biasa aja karena teman. Mau kasih yang luar biasa, isi dompet gak kuat.

Secara pribadi, kalau buat teman cewek rasanya punya banyak pilihan. 

Jaman dulu yang paling favorit itu gelas. Kemaren ada temen yang mau nikah, terus dia bilang, dia bakal banyak dapat gelas karena dulu hobby banget kasih gelas. Dan ternyata benar. Habis buka kado, banyak banget gelas. 

Kenapa gelas? Mungkin alasan utama disamping harga yang gak terlalu mahal itu karena bungkusnya gampang. Gelas dan mangkuk biasanya udah punya kotak sendiri. Selain murah, bentuknya bakal cantik. Hati-hati aja pecah sebelum sempat dilihat pengantin.

Masalahnya, sama teman sendiri gak enak mau ngasih pecah belah yang biasa. Sementara yang kualiatas bagus harganya juga bagus. Jadi sekarang mesti pinter-pinter nemuin barang bagus buat kado. Biar masih terjangkau dan temen bakal suka. 

Untuk ini aku suka pilih yang dari keramik atau yang SNI. Mungkin sedikit lebih mahal tapi bentuknya cantik. Bakal bagus banget buat koleksi pengantin show off kemampuan masak sama suami. Buat tempat menu-menu pasca menikah yang nantinya bakal sering difoto buat postingan. Atau ntar jadi isi lemari. 

Kalau gak mampu beli sampai selusin, ya beli dalam jumlah kecil. Itu aja biasanya udah milih bolak balik di toko pecah belah. Belum lagi godaan waktu belanja. Mungkin faktor umur tapi suka mupeng lihat koleksi pecah belah di rak. Bagus banget kalau punya. Berharap bakal dikadoin gitu juga. hahaha

Terus aku sempat pindah jadi aliran handuk. Beli deh segepok handuk terus siapa yang nikah, tinggal dibungkus. Yang lebih gampang, beli bedcover atau selimut. Lebih besar aja pas dikadoin tapi milihnya gak susah. Tinggal disesuain sama budget. Semakin bagus kualitas, semakin mahal. 

Untuk belanja-belanja kayak gitu ada baiknya di grosiran biar lebih murah dan biasanya juga punya koleksi lebih banyak. Bisa puas milih dan gak perlu bersitegang nawar. Kalau bakal gak sempat bungkus dirumah, bisa minta langsung dibugkusin. Selesai.

Makin kesini, makin banyak teman dekat sendiri yang nikah dan rasanya gelas sama handuk kurang personal. Beranjak dari itu, aku jadi suka kasih baju tidur kalau cewek. Lucu aja kan. Baju tidur konvensional terus dikolaborasi sama lingerie. 

Ingat awal-awal belanja lingerie, diriku merasa kayak masih dibawah umur. Apalagi kalau yang punya toko cowok. Suka rada gak enak mau nanya. Belum lagi biasanya digodain. Pakai berulang kali ngomong itu buat kado biar gak disalah pahami. Padahal beli buat sendiri pun bukan dosa.


Nah, nikahan teman cowok.

Untuk teman cowok aku biasanya cuma ngamplop. I don’t know. It’s hard to give such a personal gift. Kalau kasih kado, aku kadoin handuk, selimut atau bedcover. Sejenis-jenis itu. Gak mungkin mau ngasih lingerie biarpun yang pake si istri. Let the bride’s friends handle it.



Menurut aku, ngasih amplop atau kado itu pertimbangannya dari posisi pengantin sehabis resepsi.

  • Posisi pengantin abis nikah.
Buat pengantin yang kedepannya bakal pindah rumah tapi masih didalam kota, sebaiknya di kasih barang. Sekalian buat bantu isi rumah. Lebih bagus lagi kalau sanggup beliin perabotan gede. Sekelas mesin cuci, kulkas. Bakal benaran bantu. 
(BTW: kamu bisa kadoin jam dinding. Ingat temen yang pindahan rumah abis acara dan dari semua kado pesta, gak ada jam dinding. Padahal rumah baru butuh jam dinding.)

Pindah tapi keluar kota lebih mending dikasih amplop. Karena barang kemungkinan besar bakal ditinggal dirumah ortu. Kalau isian amplop bisa dibawa kemana aja.
 
Tapi kalau habis nikah si pegantin bakal tetap tinggal bareng orang tua, dikasih amplop mungkin jauh lebih baik. Sekalian bantu balikin biaya acara (ini kata yang udah nikah. haha).
 


Apapun itu, ingatlah pepatah lama. It’s not the value but the thought that counts.
Amplop atau kado, sertain doa yang tulus buat pasangan pengantin. Wish their happiness and have a full blessing married life. 

Kasih amplop atau kado? Kasih aja dua-duanya lebih bagus.


Comments

Popular posts from this blog