The horror of ironing




Banyak benda atau tempat yang dimasukan dalam keajaiban dunia tapi sumpah, orang yang suka nyetrika seharusnya juga termasuk dalam keajaiban dunia.

Dari semua jenis kegiatan rumah tangga, menurutku menyetrika adalah yang paling. Paling membosankan. Paling makan hati pas dilakukan. I don’t even know why but right from the beginning, ironing is really something that I can’t easily do. I will make up so many excuses just to avoid or just to delay myself from doing it.

Padahal nih ya, kalau udah dilakukan itu gak berat. Cuma gosok dan gosok. Tapi perlu proses penyetingan mood yang benar-benar lama sampai akhirnya menyerah dan terduduk menyupiri setrika dari ujung ke ujung.


Ada perasaan tertekan yang menghinggap saat mesti duduk didepan meja setrika. Semoga mbak-mbak yang kerja di laundry selalu sehat. Mereka sudah menyelamatkan banyak nyawa. Kamu beruntung kalau gak mesti duduk berpanas ria menyetrika pakaian satu persatu dari sudut ke sudut. Because I have to do it by myself.
 
Setiap mau nyetrika, setelah semua baju dilemari akhirnya habis terpakai, yang pertama dilakukan adalah menentukan jadwal menyetrika. Seperti minggu kemarin. Bukan lagi pacar yang bisa bikin galau tapi tumpukan baju yang harus disetrika bisa bikin hati resah tak karuan.

Tumpukan baju kusut disudut kamar udah kayak titisan sadako. Memanggil- manggil minta di setrika. Jadi, muncul lah pikiran kayak…. Wah, udah waktunya nyetrika.


Pertama biasanya mutusin bakal nyetrika hari jumat sore. 

Begitu jumat sore tiba, dengan alasan ada baju yang belum kering dan bakal tanggung untuk ditinggal, di undurlah jadwal eksekusi cucian menjadi baju rapi. Kemudian, malam sabtu dipilih sebagai pengganti. Dari malam sabtu, bergulir hingga minggu sore. Berjuta alasan untuk mengulur waktu.

Sampai minggu sore tiba dan besok sudah senin.


Di dalam kepala, apa benaran mesti gue lakuin? Apa harus? (sambil lirik tumpukan baju.)
Leyeh-leyeh kekiri, kekanan, main hape, nungguin hape dicas, main hape lagi, lari 45 keliling. Sore minggu semakin sore dan keluar pikiran, gak papa masih ada ntar malam. There is always tomorrow. Too positive to begin.

Eh, tahunya listrik padam menjelang magrib.


Jengjeng. Gimana? Besok udah senin. Kalau listriknya gak nyala-nyala sampai malam? How? Nyetrika subuh? Sebanyak itu? Karena nyetrika satu dua lembar setiap pagi bakal naikin tagihan listrik. Gak sekaya itu buat berpoya-poya.

Dari semua kesempatan yang ada, minat itu datang setelah listrik padam. Sepenuhnya cemas mikirin banyaknya setrika dan besok udah senin. Sepenuh hati pasang niat kalau listrik nyala bakal langsung nyetrika. Terus berdoa habis-habisan disudut biar listrik nyala. 

Setengah jam kemudian listrik nyala dan malah mandang kesal ke lampu. Kok cepat nyala?


That kind of feeling. Senang listriknya nyala tapi langsung sedih ingat banyaknya baju yang mesti disetrika. Jiwa tetap merasa belum siap.

Lupa tiba-tiba sama niatan pengen langsung nyetrika begitu listrik on. Yang ada langsung lompat ke colokan, ngecas hape sama laptop. Disanaaaa aja gak gerak dan malam udah semakin malam. Tapi niatan buat nyetrika masih belum datang. Ilham memang gak datang dengan mudah. Iya kan?

Desperate. Akhirnya bergeser ke depan alas setrika baju. Sekejap, udah dikeluarin semua yang mau disetrika, hanger pakaian pada disiapin, setrika dipanasin. Yang terjadi kemudian, balik kamar ambil laptop. Milih drama apa yang mau ditonton buat nemenin nyetrika.

Bagian ini, saking lamanya mesti cabut lagi setrika yang sudah dicolok. Bolak balik milih drama lama yang kira-kira bakal menghibur lara selama nyetrika. Pengen nyetrika depan tv tapi terlalu banyak yang mesti dipindahin. Dan kalau nyetrika gak ada hiburan rasanya sedih.

Ketemu drama yang mau ditonton, ditengah semua huru hara baju yang akan disetrika yang tingginya mungkin akan mengalahkan everest, malah sibuk milih episode berapa dari drama yang pengen ditonton. Sumpah. Ini alasan paling gak penting tapi buat mulai nyetrika masih belum berminat. Inspirasi belum datang buat menggosok baju dari kiri ke kanan.

Menghabiskan sekian menit yang kira-kira kalau nyetrika udah selesai beberapa baju, barulah akhirnya tergerak buat manasin setrika lagi. Kemudian, pasrah sama takdir dan menyetrika dengan tekun.


Ini biasanya setelah update status. Setelah semua chat dibalas. Setelah gak ada yang bisa dilakukan. Baru ganggang setrika dipegang. Whatever happens, just happen. Lagaknya udah kayak mau perang dari pada sekedar menggosok.

Sekian jam kemudian. Rasanya puluhan tahun. Barulah kegiatan ekstrim itu selesai. 

Kenapa menyetrika gak pernah segirang pakai baju rapi?

Dulu pernah ya temen KKN, waktu ditanya hobby, dia hobby nyetrika. Bayangkan. Seumur-umur, gak pernah ketemu orang yang punya hobby lebih mulia dari ini. Dia betah duduk berjam-jam didepan tv sambil nyetrika. Salut abis. Pengen jadiin saudara tapi dianya ogah. Mengingat kita jadi sering titip baju buat disetrika.

Satu dua kali sih dia oke terus mulai emosi jiwa sama anak-anak pemalas yang gak tahu diri dan ambil keuntungan dari hobbynya itu. Bisa dibilang, hobby menyetrika pakaiannya jadi sedikit berkurang setelah KKN.

Ada yang rajin menyetrika dan ada juga teman yang sama-sama benci menyetrika. Adaa….

This award goes to my sister. 

Dia sama gak sukanya. Jadi kita sering chat bareng kalau mau nyetrika. Mulai dari posting foto setrikaan masing-masing. Ngelantur ngobrol sana sini. Balik ngomongin banyaknya yang harus disetrika. Tiba-tiba balik ngomongin gossip artis terbaru. Balik ngomongin baju yang menumpuk. Cerita yang lain lagi. Sebelum akhirnya sama-sama nyerah dan mulai manasin setrika. Alhasil, sesi menggosok baju jadi sekian kali lebih lama karena kebanyakan pegang hape dari pada setrika. 

Biasanya emang pada akhirnya bakal milih malam. Selain lebih adem, rasanya ibadah nyetrika bisa lebih khusyuk buat dijalankan. Siang terlalu banyak cobaan. Mau nonton lah, pergilah, panaslah, laparlah. Semua hal bisa dijadikan alasan sebelum akhirnya menyerah.

Itu, ritual yang sering terjadi sebelum bisa keluar pakai baju rapi. 


Comments

Popular posts from this blog

Kenapa suka nonton MotoGP?